Minggu, 15 Juni 2014

Wasting Time or Ngaret

            Entah keberapa kalinya aku ingin menuliskan post ini untuk meluapkan seluruh emosi saat kejadian yang tertera di post ini terjadi. Jam karet atau molor atau telat janji atau apalah itu, salah satu hal yang paling aku benci di dunia ini! Meskipun endingnya masih bisa senyum (walau kadang agak asem, bahkan pahit) ke orang yang nelat.
            Entah siapa di dunia ini yang pertama kali memulainya, hingga nular sampai banyak generasi, rasanya pingin nyakar deh, hahaha. Well, aku sendiri gak suka telat tapi karena keadaanku, yang akhirnya aku sendiri yang tepat waktu, otomatis jadi males lah dateng on time. Telatnya orang itu kebiasaan. Contoh, temenku waktu SMK, kalo janjian sama aku, paling enggak 1 jam @_@. Sering juga sampe 2 jam, heloooooow, gak tau apa yang udah siap2, mulai kusut sampe rapi, 2 jam bengong jadi kusut lagi. Ada juga yang kalo rapat, kalo janjian jam 3, mulai rapat seringnya sejam kemudian. Mau janjiannya pagi, siang, sama aja, frekuensi telatnya itu tetep kalo janjian sama orang yang sama. Bisa dijadiin penelitian tuh guys XD
            Kalo lagi emosi begitu, aura negativenya jadi kemana-mana. Iya lah, telat itu membuang waktu. Padahal dari pesan Imam Al Ghazali, masa lalu itu adalah sesuatu yang paling jauh, karena yang sedetik lalu kita lewati, gak mungkin bisa di ulang atau di balikin. Nah, dalam masalah jam karet, yang janjian kadang-kadang udah punya schedule lanjutan yang udah di atur rapi-rapi dari semalemnya atau bahkan kemarennya, kalo telat apa gak berantakan? Kalo waktu nunggu itu masih bisa di buat ngerjain yang lain, jadi manfaat, nah kalo gak bisa? Bengong doing buang waktu? Jadi emosi kan kalo semua yang udah rapi jadi berantakan.
            Dalam Islam kita di biasakan untuk tepat waktu. Misal, shalat, ada jam batasannya kan? Kita janjian sama Allah tuh, udah adzan masih nge game aja, Online, nanti aja lah, masih panjang juga waktunya. Heeeii, kalo Allah aja di begituin, bayangin aja deh ke manusianya gimana. Juga puasa, zakat, ada waktunya sendiri. Di Al-Qur’an juga ada kan? Surat Al-‘Ashr
Demi masa.
 Sungguh, manusia berada dalam kerugian,
 kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.
Ngutip kata-katanya Notulen Indonesia Lawak Club edisi Teladan atau Telat-an, kang Maman :
“Saya tercengang karna kita seperti bercanda soal waktu, tapi begitu mencari kata kunci dari mas jarwo, komeng dan cak lontong ternyata kita bertemu dengan presentisme Buddist. presentisme Buddist itu bilang segala sesuatu yang ada di masa lampau adalah tidak nyata (unreal). Segala sesuatu yang ada di masa depan juga tidak nyata. Segala sesuatu yang ada dalam khayalan juga tidak nyata. Pada dasarnya yang nyata, yang real itu cuman momen kekinian. Persoalannya kata ki jarwo tadi Indonesia sering mengkhianati momen kekinian dengan menerapkan sifat toleran yang salah langkah. Kita menoleransi orang yang 5 menit telat, setengah jam telat, satu jam telat akibatnya jam karet Indonesia masuk dalam Wikipedia dunia sebagai budaya Indonesia yang dianggap seluruh dunia tau. Itu yang pertama, yang kedua tadi sudah disentuh soal jam karet lagunya Honda sapper there’s no limit begitu liat kata kuncinya cak lontong, akbar dan fitri Tropica ada satu kalimat manis dari santo agustinus, waktu datang dari masa depan yang belum terjadi, singgah di masa kini yang tidak punya durasi sebenarnya tetapi dia pergi ke masa lampau yang sangat cepat karna lagi-lagi di khianati oleh jam karet. Padahal kata Sayyidina Ali jam itu, waktu itu seharusnya membahagiakan. Ingat, Demi waktu, sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian. Tetapi lagi-lagi di khianati nah kata kuncinya sebenernya jam karet itu berakibat yang menunggu jadi bermuka kusut, yang di tunggu selalu datang dengan penuh dalih dan muka yang kalut, dan kekusutan bertemu dengan kekalutan akibatnya akan mendapatkan hasil yang acakadut dan semrawut, makasih ”

            Kebiasaan buruk bisa diilanginnya sama kebiasaan baru yang baik. Emang susah awalnya, tapi kalo gak di mulai dari sekarang malah ngerugiin banyak orang, kan Iso kerono kulino, bisa itu karena biasa. Kalo aku, selalu sedia space time perkiraan terburuk. Misal naik kendaraan, biasanya kalo lancar 15 menit, tapi aku berangkat 30 menit sebelum janjian, biar kalo ada macet, atau kendaraanya ngadat bisa di prediksi. Juga cek kebutuhan, misal mau keluar seharian sama beberapa janjian, janjian 1 butuh barang A, kedua B, siapin bener-bener barang-barang A dan B yang di butuhin malemnya, paginya kan tinggal bablas. Juga jam bangun, jam mandi, kalo kebiasaan pasti udah bisa nyusun scheduler sendiri di otak.
            Aku sebagai penulis disini minta maaf ya, kalo tulisan ini menyakitkan atau bahkan menyinggung yang membaca, aku cuman ingin menyeruakkan sesak dalam dada (hooeekk XD)
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar