Minggu, 29 Juli 2018

My Wedding Story

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Setelah sekian lama mengumpulkan mood buat nulis, akhirnya bisa juga. Kali ini aku akan share tentang persiapan pernikahanku kemaren, ya buat para jombs yang bersiap untuk merencanakan pernikahannya biar punya gambaran dikit apa yang perlu disiapin yaa.

Semuanya dimulai saat selesai seminar parenting, rencananya aku langsung cuss Surabaya buat balik kerja, eh pulang seminar Pak suami (dulu calon yee) mau kerumah ketemu ayah. Oke fix kita balik pulang xD. Sesampainya dirumah, pak suami dateng sendiri dan ngobrolah dua bapak-bapak ini, berakhir dengan ayah yang bilang aku sih yes, Alhamdulillah.

Sepekan kemudian, pak suami dateng lagi sama kedua orang tua sama adek, ngobrol dirumah, rencana tanggal dan hari baik. Manut aja sama orang tua. Sepekan kemudian keluargaku yang kerumah pak suami. Lamaran kita gitu doang simple kan :D

Setelah itu baru prepare. Hal yang paling penting di awal adalah komunikasi. Kalian mau nikah model gimana daaann BUDGET yang ready berapa. Kita dari awal gak memilih untuk ribet-ribetan karna kasian orang tua dan kalo bisa dari hasil kerja berdua aja deh, gak tau kenapa sayang banget ngumpulin berbulan-bulan ludes semalem doang. Pak suami juga dulu pingin nya maharnya bisa lebih gede dari pada walimahnya xD (ini mah aku yang untung). Tapi tetep kita gak bisa saklek sama keinginan berdua karna ada orang tua juga yang pengen mantu. Intinya pernikahan bukan acara kalian berdua doang, dan ini butuh banget komunikasi.

dengan budget 15Jt an, jadi lah pernikahan kita. Acara utama ada dirumahku. nah kalau di daerahku, ada slametan sebelum nikahannya, H-1 akad nikah ada acara doa yang diakhiri dengan kirim ‘berkat’ berupa makanan ke semua sodara dan tetangga, kayak gini bisa habis sampe 3-5 jt an, tergantung banyaknya yang dikirim dan menu yaa.

Pertama, undangan! Karna aku bisa desain dikit-dikit, sebenernya nata doang, abis lamaran langsung garap undangan. Udan berencana mau undangan digital aja, selain praktis, hemat beb. Jadi kita cetak buat temen-temen dan keluarga yang memungkinkan buat dikasih undangan cetak, cetak undangan abis sekitar 300 undangan 500rb, karna buru-buru. Sebenernya bisa lebih murah dan baru tau setelahnya. Buat temen-temen, sebenernya ada kertas template undangan. Nah itu bisa di print biasa pake printer biasa kalau emang mau hemat, atau paling enak emang digital. Tinggal share di sosmed, problem solved. Kalau mau cetak ke jasa percetakan harus jauh-jauh hari ya, minimal 3 bulan biar dapet yang murah, dan ada minimal cetaknya biasanya. Jatohnya sekitar 1 jutaan. 

Untuk urusan administrasi pernikahan, sebenernya bisa gratis loh! Tapi nikahnya di KUA, kalau nikah di rumah/ lokasi lain kena biaya 600.000 dan itu di transfer ke rekening pusat. Karena dikampung selalu pake pak moden, yaitu orang yang ngurus-ngurus pendaftaran pernikahan, kemaren kita kena 900.000 an. Jadi tinggal bayar 900.000 ke pak muden, nyerahin foto, dan keperluan-keperluan yang diminta, terus didaftarin. Beberapa hari kemudian terus ditelpon janjian buat ke KUA, nge cek data data aja sama ditanya-tanyain sama petugas KUA. Setelah itu udah, nunggu akad aja sama belajar ijab qobul :D

Next urusan baju. Awalnya mau sewa aja. Pertimbangannya buat apa bajunya kalau udah selesai, setelah gugling dan kepo-kepo ternyata biaya sewa mahal juga xD sekitar 1jutaan buat 1-2 pasang baju. Karena adekku penjahit baju dan setelah dipertimbangkan akhirnya milih mending bikin sendiri. Alhamdulillah bisa dimanfaatkan. Jarak lamaran ke nikahan sekitar 7 bulan. Jadi selama 7 bulan tiap gajian nyicil buat beli kain dan perlengkapan yang dipake. Baju akad putih-putih kemaren sepasang aku habis sekitar 350ribu, terus 2 pasang lagi dengan kira-kira segitu juga buat acara malemnya. Jadi buat baju aja kita abis 1 juta. Kalau buat keluarga kembaran abis sekitar 400 ribuan. Tentu aja karna gak ada biaya tukang jahit jadi murah xD. Make up juga dari sepupu, karena udah pernah make up di salon pas wisuda dan berakhir muka kayak banci, bukan salah yang make up, tapi emang mukaku yang gak cocok sama sekali di make up, akhirnya dimake up sendiri tipis-tipis sama sepupuku. Meskipun berakhir dengan gunjingan “kok mantennya gak pake make up” dan kubalas senyum lelah menjawab “ini udah 2 jam make up nyaaa”.

baju akad nya



dekorasi sederhana sama baju malem nya


Selanjutnya dekorasi! Selain pilih model baju, milih dekorasi yang bikin excited juga. Sebenernya sempet gugling tentang harga-harga dekorasi yang bikin melet. Hadirlah Pinterest sebagai sumber inspirasi. Niat awal emang gak pake dekor yang gimana-gimana. Tujuanku cuman ada satu spot foto sama temen-temen. Setelah berhari-hari searching di pinterest, akhirnya desain sendiri banner, dan bikin giant paper flower. Buat bannernya cetak habis sekitar 130ribu ukuran 3m x 3m. Terus buat paper flowernya bikinnya dibantuin owner bibacraft abis kertas sekitar 60 ribuan. Selebihnya bunga ibukku dan bunga tetangga yang dipinjem. Terus malemnya dipinjemin kursi, lampu sama karpet sama sepupu yang baik banget. Beneran nikahan ini banyak bantuannya xD.

dekorasi dan tempat jamuan makan :)


Untuk masak-masak, aku diskusi sama ibuk buat manggil tukang masak yang udah biasa masak buat ribuan dan kadang cuman 3 orang :D. Emang sih kebiasaan didaerahku ada biodo, yaitu sodara dan tetangga yang bantuin masak, jumlahnya bisa sampe belasan kalau acara biasanya, nah aku niatnya pingin gak terlalu rame dan ribet lah didapur, keluarga juga bisa ngumpul-ngumpul nikmatin acaranya (yang ternyata tetep salah juga, pokoknya nikahan itu banyakin sabaarr aja). Akhirnya win win solution nya pake tukang masak dan biodo cuman 5 orang :D.

Masak sendiri juga salah satu alternatif biar bisa hemat. Karna belanja sendiri dan bisa nentuin mana pasar yang muraah xD. Alhamdulillahnya lagi banyaak banget sodara yang bantuin/nyumbang makanan atau bahan bahkan alhamdulilahnya kemaren kita dapet sumbangan kambing! So 15 juta mulai slametan sampe nikahan cukup. 
15 juta bukan gak termasuk mahar dan seserahan ya, emang abis banyak dimakanan, karna diskusi sama ibuk, orang-orang itu kalo makannya enak anteng xD

Terakhir dokumentasi, karna pak suami dan sepupu punya kamera DSLR, beli SD Card dan pinjem kamera, adek-adek bertugas buat dokumentasi. Kalau souvenir, aku beli onlen di IG ditambah kue kering, dengan harga sekitar total sekitar 10000 an per pcs, buat souvenir siapin 700 pcs.

Itu ceritanya yaa, sekarang tips buat yang mau mempersiapkan pernikahannya : 
List budget buat nikahan kalian. Bagi budget ke beberapa pos.

  1. Undangan, mau digital atau cetak, tentukan jumlah, biaya desain dan biaya cetak.
  2. Biaya KUA, tentuin mau nikah dirumah (ada biaya 600ribu) atau di KUA (gratis), mau urus sendiri (gratis) atau pake jasa pak muden (biaya tergantung daerah masing-masing).
  3. Gedung / tempat, kalau dirumah biasanya terop atau penutup. Kalau pake gedung, rencanakan buat booking beberapa bulan sebelumnya, perlu juga cari tau tentang waktu, kelengkapan yang disediakan sama gedung serta biaya pastinya.
  4. Dekorasi, kalau di gedung biasanya pake jasa WO buat dekorasi. Kalau dekor sendiri tips nya kayak ceritaku diatas yaa.
  5. Baju + make up. Tentuin mau sewa atau jahit, mau berapa pasang baju yang dipake, dan buat orangtua dan keluarga dekat mau ada baju atau gak dan berapa pasang jumlahnya. Beberapa WO udah sediain buat orang tua sekalian sama make upnya. Cepet kepo harga-harga nya, cari minimal 5 tempat buat perbandingan dan pilihan yang cocok dihatii
  6. Makanan. Tentukan jumlah undangan, biasanya dikali 2, misalkan ungangan 500, siapin 1000 porsi makanan. Tentukan juga catering atau masak sendiri. Aku serahkan urusan ini sama ibuk xD.
  7. Dokumentasi dan Hiburan. Aku gak pake hiburan dan dokumentasi mengandalkan pinjem ya. Kalau mau pake jasa photographer sempet kepo sekitar 2 jutaan - belasan juta tergantung paket, ada yang foto-foto aja, ada yang pake video + drone pula. Hiburan bisa nasyid atau sound system, jangan lupa anggarkan yaa.  
  8. Lain-lainnya, kayak souvenir dan mungkin kalian yang pengen ada acara lamaran tersendiri, bridal shower dan prewed, itu bisa sekalian di list.

Jangan lupa diskusiin sama pasangan dan orang tua, jangan lupa juga berdoa dan persiapan mental dan ilmu. Kalau mau kepo-kepo persiapan pernikahan bisa di blog ku satunya yaa.

Udah panjang banget, kayaknya (sangat) cukup ya buat share nya. Kalau ada pertanyaan bisa komen ajaa. Makasiih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar