Sabtu, 13 Oktober 2018

My Pregnancy Story – First Trimester


Assalamualaikum, setelah kemarin aku cerita persiapan pernikahan ku, kali ini aku bakal share tentang kehamilanku :D, semoga bermanfaat yaa..
Aku adalah orang yang selalu catet kapan aku mens, kapan aku berhenti, berapa lama aku mens, berapa lama siklus ku, mulai waktu SMK sih. Dicatet dibuku, di kalender sampe sekarang praktisnya banyak banget aplikasi di smartphone, bahkan di laptop. Aku ngerasa ini penting karena bisa deteksi kalo-kalo ada masalah sama organ reproduksi kita. Setelah nikah, masih sempet haid, setelah itu telat sampe sampe lebih dari seminggu, sejujurnya kita mah jalanin aja, pacaran dulu lah, dikasih Alhamdulillah belum dikasih ya nikmatin aja. Malah mau honeymoon tapi gak jadi-jadi gara-gara gak nemu jadwal cuti kerjaan yang pas, di undur-undur terus sampe keduluan hamil xD.

 Waktu telat, masih gak yakin sih, karna emang masih dalam taraf wajar plus minus di siklusnya, dan kadang-kadang keluar lendir coklat, kayak awal-awal mau mens gitu. Pas udah hampir 10 hari, belilah tespek, dan berakhir gagal liat hasilnya karna salah baca petunjuk XD. Akhirnya beli lagi tespeknya, beneran dibaca dan hasilnya 1 garis jelas dan 1 garis masih samar. Wow 2 garis beneran nih, langsung searching 2 garis tapi satunya masih samar itu beneran hamil apa gimana. Rasanya campur aduk antara seneng, bingung, gak nyangka bakal secepet ini dikasih titipan sama Allah. Hasil baca-baca ternyata emang positif cuman kadar hormon yang masih belum banyak jadilah satunya masih samar.
                Belum berani ngabarin siapa-siapa karna masih belum periksa ke dokter. Waktu balik ke Surabaya, nanya ke temen –temen klinik yang rekomen dimana. Malemnya langsung menuju klinik tsb, lumayan jauh sih dari kos an, sampe disana ngurus administrasi, terus timbang berat badan, tinggi badan sama tensi darah, selanjutnya ditanyain HPHT kapan. HPHT itu (Hari Pertama Haid Terakhir), iya hari pertama mens itu diitung juga, karena kita gak tau konsepsinya pas kapan, jadi diitungnya mulai hari pertama haid nya. Setelah itu nunggu bu dokternya dateng (sambil nonton sinetron emak-emak yang sukses bikin pak bojo geram xD). Setelah bu dokter datang, ditanya lagi HPHT, lalu USG. USG nya pake yang dipakenya di perut. Sebelumnya pake gel dulu jadi agak dingin-dingin geli ahaha.. Hasil USG nya positif ada kantung kehamilan, gambarnya bunder doang gak ada apa-apanya xD masih kecil banget masih 4 minggu soalnya. Yang bikin agak was-was adalah waktu dokternya malah balik nanya : ini kantungnya didalam apa diluar(rahim) ya? Dalam hati berkata lha kalo njenengan ndak tau apalagi saya yang pegangnya cuman keyboard komputer bu dokterrr -_-.Aku juga konsultasi mengenai pendarahan yang coklat-coklat kayak mau mens, katanya masih wajar, nanti ditunggu aja, kalo 2 minggu gak berhenti, periksa lagi.
                2 hari berjalan dengan was was karnaaa pendarahannya tambah parah. Posisi masih kerja juga dan ruangan kerja dilantai 3. Dipake naik motor kalo ada polisi tidur rasanya ada yang keluar, daaan tambah deg deg an. Masih berusaha tenang karna masih belum jadwal periksa lagi. 2 hari kemudian masih dengan gejala yang sama akhirnya kita periksa lagi ke klinik yang sama, sebenernya ada dokter yang diincer di klinik itu, tapi gak pernah jodoh dan Qadarullah hari itu juga ketemu dokter yang sebelumnya, setelah daftar, periksa awal, lalu aku cerita kalo 2 hari ini masih pendarahan gak coklat aja, malah kadang merah, di USG lah lagi dan dokternya ngomong : mbak mens kali, gak ada apa-apa tuh di USG nya. Jedeerrr, well diawal emang gak berharap banyak. Yang aku gak terima adalah gak masuk di logika ku apa yang aku alami. Kalau emang aku mens, bercak coklat –merah itu dikittt banget untuk waktu yang cukup lama hampir semingguan! Dan semisal emang keguguran, gak keluar gumpalan-gumpalan apa-apa. Teruuuss yang bikin sebel, lha yang kemaren diliat di USG apa dong bu dokter. Kita pulang dengan kesimpulan bahwa di rahim gak ada apa-apa dan palingan aku mens. Pulang sama pak bojo pada diem. Speechless.
Nyampe di kos baru dibahas segala unek-unek dihati, mulai karna dokternya gak yakin sama diri sendiri malah balik nanya, dan segala sebelnya di klinik tadi. Kita memutuskan untuk periksa ke Rumah sakit aja. Besok nya baru aku info jadwal dokter kandungan dan biaya di beberapa RS di Surabaya. Nanya juga ada dokter perempuan gak, karna selain aurat aku risih juga dipegang-pegang cowok xD. Ketemulah ke RSI Jemursari. Besok nya izin gak masuk kerja buat periksa. Pulang kerja langsung cuss ke RSI buat daftar, ternyata baru dapet info kalo pendaftaran dibuka mulai jam 5 pagi dan baru besok dong. Hari itu berangkat udah dengan hati pasrah, daftar lah kita dari jam 5 pagi, ngurus kartu dan bayar-bayar dapet nomer antrian 20. Periksa dimulai jam 09.00 dan ternyata baru mulai jam 11 an karena dokternya ada jadwal operasi pagi itu. Dengan sabar dan ngantuk-ngantuk nungguin di RS, mau pulang nanggung gak pulang lamaaa amat rasanya. Aku sempet tidur nyender di pak bojo yang lagi asik main mobile legend xD. Sekitar jam 12.30 an baru di panggil ke ruang dokter.
Setelah cerita panjang lebar kayak diatas tadi, aku disuruh tiduran untuk di USG. USG nya beda, kali ini aku pake USG transvaginal. Jadi USGnya yang dimasukin ke vagina. Malu boosss XD tempat tidurnya ada tempat penyangga kaki kayak orang mau lahiran, sebelumnya disuruh pake semacam jarik, terus tiduran dan kaki diangkat. ada 2 perawat yang nutupin perut tapi tetep aja maluuu meskipun sama-sama perempuan. Terus dokternya dateng, disuruh rileks dan mulailah USG nya. Hasil USGnya bisa keliatan di monitor PC USG nya sama ada 1 LCD monitor digantung diatas, buat yang nemenin biar bisa keliatan juga. Dokternya diem dan ngeklik-klik, aku agak tenang karna dokternya keliatan yakin xD. Beliau berkata bahwa kantung kehamilanku ada, cuman masih keciiil banget, tapi ada kok. Sempet ditunjuk juga mana yang kantung nya. Agak lega. Selesai dan selesailah malunya XD.  Setelah USG, masih nanya-nanya, pendarahan kayak gini wajar gak sih, karna aku takut mau ngapa-ngapain, malah disaranin untuk bedrest XD. (gitu aku masih nanya, aku kerja dok, masih boleh kerja gak? Jawabnya : istirahat aja ya). Kandungannya masih lemah, dan trimester pertama kehamilah itu rawan banget buat keguguran, prosentase nya masih dikisaran 20-30% kemungkinan untuk keguguran. Pulangnya di kasih resep obat penguat kandungan, namanya utrogestan harganya sekitar 300 ribuan buat 15 biji. Agak mahal sih emang, setelah kepo-kepo di gugel, itu semacam hormon progesteron tambahan dalam bentuk kapsul, setelah itu 2 minggu kontrol lagi, kalo gak berkembang atau ukurannya tetep, terpaksa harus kuret. Pulang gak jadi lega euy.
Hari itu dan 2 hari setelahnya aku dikasur doang, bedrest. Terimakasih sebesar-besarnya untuk pak bojo yang jadi gantiin nyuci baju, beres-beres kosan, nyuci piring dan beliin makan T_T. Nafsu makan ku yang biasanya kayak kuli emang agak berkurang sih. 3 hari tiduran beneran gak keluar flek, tapi bosen dan punggung gak enak, cobalah masak pas pagi, eh keluar lagi si bercak bercak. Setelah minum vitamin yang dari bu dokter kurang lebih seminggu an flek nya udah gak muncul lagi walau tak pake aktifitas. Seneng bangettt. Akhirnya berani masuk kerja lagi dan tetep cek dan ricek setiap saat kalo-kalo flek nya keluar aku istirahat.
Setelah 2 minggu berlalu, flek sudah menghilang dan aku sekarang bisa daftar ke RS nya Online 1 hari sebelumnya :D. Jadi gak usah dateng jam 5 pagi untuk dapet nomor urut 20 an lagii XD. Dapat nomor 3 masuk keruang pemeriksaan, cerita yang kemaren periksa karna bu dokter lupa aku udah pernah periksa disitu, lalu timbang dan tensi darah terus USG. Kali ini USG biasa yang diperut gak pake transvaginal lagi (alhamdulillah). Pas dicek, dedek bayinya udah tambah gede dong, alhamdulillaaah dan pas di cek detak jantungnya udah ada. Wuuh rasanya pengen nangis terharu T_T. Pas itu usia kandungannya masih 6 week lebih beberapa hari. Dikasih resep vitamin buat 30 hari dan udah gak dikasih vitamin yang penguat kandungan lagi. Baru kontrol lagi sebulan setelahnya.
Bulan kedua-ketiga kehamilan, pas puasa ramadhan. Dann saat itu mulai lah morning sickness. Indra penciuman mulai menajam. Biasa masak ayam, langsung muntah pas buka plastik ayam. Masih adaptasi dan kaget-kaget. Makan juga moody banget, untukng aja pak bojo sabaar T_T. Seringkali pas sahur makan, pas imsak muntah dan kosong lagi deh perut. Sempet minum susu hamil yang gak terlalu enak rasanya dan adzan shubuh. 30 hari ramadhan aku hutang puasa atau mokel cuman 2 hariii :D. Itu gara-gara tiba-tiba gemeter pas kerja. Ada faedahnya sih morning sickness pas puasa, jadi kuat puasanya :D. Periksa terakhir di trimester ini adek bayinya udah keliatan kayak casper. Lucuuuu xD sampe pengen beli USG sendiri dan gak jadi setelah tau harganya dan sadar kalo gak bisa make nya.
Udah panjang banget ceritanya di trimester 1 yang penuh drama ini. Tulisan ini sebenernya buat kenang-kenangan aja sih, kalo-kalo di masa depan pengen inget-inget tentang cerita kehamilan yang seru ini. Biar inget juga perjuangan pak bojo yang selalu bantuin dan support akuu, love you :D. Semoga ada manfaat nya buat yang gak sengaja nyasar ke blog ini, kalo mau tanya-tanya soal RS, biaya dan kawan-kawan bisa komen dibawah ya, makasiih
Wassalamualaikum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar