Sabtu, 13 Oktober 2018

My Pregnancy Story – Second Trimester


Assalamualaikum..
Alhamdulillahirabbil ‘alamin bisa cerita trimester kedua dari kehamilanku. Setelah Trimester pertama yang penuh drama (baca disini), di trimester dua ini jauuh lebih enakan. Pasalnya, trimester 2 diawali dengan 1 Syawal atau pas lebaran xD. Sebelum puasa dan pas puasa kan muntah-muntah terus, gak enak makan, makan dikiiiit banget, kadang sampe separo porsi dan berakhir diabisin pak bojo, sekarang dimulai dari 1 syawal dalam sehari bisa abis 5 mangkok bakso xD, antara doyan dan dipaksa makan karna keliling ke rumah sodara-sodara. Seneng banget bisa makan lagi karna waktu morning sickness kemaren aku pengen makan tapi gak bisa masuk. Sekarang balik lagi dong porsi kuliii, meskipun bertahap yaa dan semakin parah di penghujung trimester 2 ini berakhir.

Perutku masih rata, gak berasa hamil walau udah masuk bulan ke4 hamil. Baru di bulan kelima dan enam agak gendut. Tapi emang keturunan kali ya, karna ibuku juga gitu, baru keliatan kayak orang hamil di bulan ke 7 dan 8. Pemeriksaan dokter tetep kayak biasanya yaitu periksa berat badan, tensi darah dan USG. USG emang paling seneng karna bisa liat adek bayi yang mulai keliatan kaki dan tangannya, lucu bangeett. Meskipun pak bojo kadang masih bingung yang mana kaki dan mana kepala tapi kita selalu excited pas periksa. Berat badan naik terus, baru kali ini dalam sebulan bisa naik sekilo, padahal biasanya aku setahun baru naik sekilo meskipun makan dan nyemil porsi kuli.
Kehamilan di trimester 2, yang di keluhkan paling karna gusi yang tiba-tiba berdarah dan berangsur-angsur tiap hari, mimisan karna abis ngupil, sering haus dan sering banget pipis. Gusi berdarah dan mimisan karna ngupil dan bersin terlalu kencang kata bu dokter sih wajar karna pembuluh darahnya melebar jadi tipis dan gampang pecah. Diminta untuk periksa darah buat cek ada masalah atau gak, kalau hasilnya normal ya berarti cuman karna gampang pecah itu tadi. Solusinya disuruh banyak konsumsi kalsium. Trimester kedua aku udah gak konsumsi susu ibu hamil karna rasanya gak enak meski udah ganti-ganti merek. Beralihlah ke UHT atau susu KUD nandhi murni favorit hahaha.. Sempet dimarahin ibuk sih karna gak minum lagi tapi kubalas hanya dengan senyuman manis xD.
Sering haus dan sering pipis karna emang butuh cairan lebih banyak secara yang makan minum berdua, terus kandung kemih juga agak kedesek karna rahim yang udah tambah gede, tengah malem pipis udah jadi biasa dan botol minum selalu ada disebelah bantal, abis pipis haus lagi dong, apalagi darah malang yang dingin tinggal dan aku tinggal di Surabaya. Dobel!
Yang paling menyenangkan di trimester kedua ini adalah, mulai minggu ke 16 aku udah ngerasain ada yang towel-towel halus diperut, gak setiap hari tapi intensitasnya meningkat setiap minggunya, masuk ke week 20 an keatas udah kerasa ada yang nendang dan kenceng banget sampe kaget pas ditendang xD. Pak bojo pun kaget-kaget takut pas ditendang, takut jebol perutnya XD. Udah berasa punya temen ngobrol dong kalo pas sendirian di kosan :D. Di minggu 17 dan setelahnya pas USG udah bisa keliatan jenis kelaminnya, emang sebelum periksa ngomong dulu sih ke dedek, dek liatin yaa, ibuk pingin tau :D ngobrol gitu terus dan beneran periksa 2 kali diliatin jelas kelaminnya. Hihi maapkan ya deek kalo dedek malu.
Pas periksa di bulan kelima kita langsung periksa darah setelah periksa kandungan. Periksa nya 4 macem, biayanya sekitar 600 ribu dan besoknya udah bisa diambil. darah lengkap,  anti HIV, anti dan ... hasil pemeriksaan juga langsung masuk ke database rekam medis jadi pas periksa kandungan dokternya udah langsung tau hasil periksa darahnya dan alhamdulillah semuanya normal. Posisi bayi masih muter-muter dan masih sangat bisa berubah sampe HPL.
Pinternya dedek karna selama 2 trimester ini kerjaan dikantor pas lumayan banyak, dan harus kerja on site tapi gak pernah rewel, rewelnya paling laper doang. Ngoding mulai android, raspberry dan duduk lumayan lama, ditemenin dengan tendangan sesekali buat aku bersyukur banget bisa aman damai lancar sentausa pas hamil :). Semoga aja pas keluar nangis biasa ya dek, jangan hello world lho ya xD.
Kejadian lucu pas USG kemaren adalah pas lagi dengerin detak jantung, USG nya ditendang sama dedek jadi agak geser posisinya, alhasil hasil pembacaan detaknya geser juga xD.  Juga pas periksa di bidan deket rumah, karna rencana lahiran disana, pas diperiksa gerak-gerak perawatnya sampe bilang lho gerak xD. Emang sih periksa jam 6.30 pagi, mungkin lagi males dibangunin ya dek XD.
                Kehamilan ini dibantu banget sama informasi-informasi yang seliweran di instagram, web dan beberapa aplikasi penunjang kehamilan, juga curhatan dari temen-temen yang hamil duluan atau udah lahiran, biar gak kemakan hoax dan terus memberdayakan diri, karna kalo kata bidan yesi di bidan kita, knowledge is power! Instagram bisa follow : @bidankita, @jamilatussadiyah, @lenny... Itu instagram para bu bidan yang sering sharing mengenai kehamilan dan kelahiran. Keren banget pokoknya. Ada juga web dan youtube channel bidankita yang isinya banyak banget artikel dan cara-cara yoga yang bisa meredakan beberapa keluhan dimasa kehamilan, habisin deh semua artikelnya biar tambah siap buat menyambut dan menjaga dedek bayi. Ada bukunya juga yang ditulis bidan yesi, bisa dikepo yaa di IG nya beliau.
                Kalo aplikasi aku pake Pregnancy+, TemanBumil sama BukuBumil. Pregnancy+ lebih umum karna pake bahasa inggris, ada artikel harian dan mingguan, perkiraan berat dan panjang janin, juga foto 2D dan 3D dari janin setiap minggunya. Kalo Aplikasi TemanBumil mirip juga kayak pregnancy+ tapi pake bahasa Indonesia, artikelnya juga ada per minggu dan ada menu untuk input data yang nanti jadi grafik mengenai berat badan dan tensi darah untuk ibu, panjang dan detak jantung bayi. List beberapa yang perlu dilakukan dan pengingat juga ada. Nah untuk aplikasi BukuBumil isinya tentang tips kehamilan, menu buat kita bikin checklist, list daftar kenaikan berat badan ibu minimal dan maksimum per 2 minggunya, terus musik klasik dan murrotal Al-Qur’an kalo mengaktifkan mode muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar